Tips Mengamankan Akun Google Sebelum Nomor HP-nya Hilang

Mengamankan Akun Google

Di era serba digital ini, alamat email menjadi sesuatu yang cukup berguna untuk mempermudah berbagai kegiatan di internet. Platform akun email seperti Gmail atau Yahoo, bisa menyediakan pembuatan email gratis.

Alamat email umumnya digunakan untuk membuat akun media sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter dan sebagainya. Untuk itu, pengguna perlu mengamankan alamat emailnya agar terhindar dari pembobolan akun.

Supaya akun medsos tak mudah dibajak, gunakan juga fitur autentikasi dua langkah sebagai langkah ekstra. Fitur ini memungkinkan autentikasi pengguna dengan tambahan keamanan selain dari password.

Saat ini, login ke akun Google untuk menggunakan layanan seperti Gmail, Drive, Play Store hingga YouTube tidak bisa hanya dengan memasukkan kata sandinya saja.

Pasalnya, Google telah memberlakukan fitur verifikasi dua langkah atau Two-Factor Authentication (2FA) secara otomatis kepada ratusan juta pemilik akun Google pada akhir 2021.

Oleh karenanya, pengguna wajib mengamankan akun Google lebih ekstra, bila suatu saat nomor telepon yang dipakai untuk menerima kode SMS OTP hilang atau hangus.

Baca Juga: Cara Buat Akun Gmail Tanpa Nomor HP Lebih Dari 1

 

Cara Membuat Kode Cadangan Akun Google

Cara ini untuk mengantisipasi nomor HP yang sudah hilang, agar masih bisa masuk ke akun Google tanpa kode SMS OTP.

buat kode cadangan

  • Buka akun Google di myaccount.google.com
  • Masuk ke bagian Keamanan
  • Gulir kebawah hingga menemukan menu Verifikasi 2 langkah.
  • Jika sudah pernah verifikasi memakai nomor telepon, lanjutkan dengan memilih Kode cadangan.
  • Ketuk Dapatkan kode cadangan.
  • Akan muncul 10 kode cadangan

simpan kode cadangan

Download kode cadangan ini ke HP, simpan ditempat yang aman. Saran, taruh kedalam file zip atau rar, lalu diberi password

 

Keuntungan

Kode cadangan adalah kode sandi satu kali yang dapat digunakan untuk login saat ponsel tidak berada di dekat Anda. Tiap kode hanya dapat digunakan satu kali.

10 kode inilah yang akan menggantikan OTP jika nomor telepon hilang atau tidak dapat di akses. Setiap kode yang telah terpakai tidak bisa digunakan lagi.

Sebenarnya fitur verifikasi dua langkah ini bukanlah hal baru di Google. Beberapa pemilik akun Google juga mungkin sudah pernah mengaktifkan fitur ini sebelumnya.

Bedanya, dulu fitur 2FA ini hanya sebagai fitur lapisan perlindungan opsional. Jadi, pengguna diberi kebebasan mau mengaktifkannya atau tidak. Tapi sekarang Google memutuskan untuk “memaksa” semua akun Google yang lama dan baru untuk menggunakan fitur verifikasi dua langkah.

Bila tidak, pengguna tersebut terancam tidak dapat mengakses layanan Google seperti YouTube Studio, tempat di mana kreator biasa mengelola videonya di YouTube.

Leave a Comment