LCD IPS vs AMOLED – Kelebihan Dan Kekurangan

amoled dan ips

Layar merupakan komponen yang terpenting dalam bagian smartphone di jaman sekarang, saat ini ponsel maupun iPhone hampir seluruh bagian depannya dilapisi oleh layar.

Banyak produsen smartphone yang menawarkan jajaran hp dengan layar yang bermacam-macam, seperti yang banyak dipakai oleh ponsel adalah layar berjenis IPS dan AMOLED.

Lalu apa bedanya layar IPS dan AMOLED, serta apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak pembahasannya disini.

Baca Juga: Jenis-jenis Layar Smartphone, LCD, IPS, AMOLED, Retina Display

Perbedaan Layar IPS vs AMOLED

IPS LCD adalah layar transmisif, memerlukan lampu latar dan filter warna yang disaring oleh lapisan kristal cair, lampu latar juga harus melewati matriks transistor film tipis dan polarizer, sehingga seluruh layar harus menyala dan hanya sebagian kecil cahaya yang masuk (sekitar 25%).

AMOLED adalah tampilan yang memancarkan, setiap piksel menghasilkan cahayanya sendiri, saat muncul warna hitam, piksel sebenarnya mati, sehingga menghasilkan kontras yang lebih baik dan mengkonsumsi lebih sedikit daya saat menampilkan tampilan seperti foto dan .

Baca juga:  Cara Mengecek Batas FUP Indihome Terbaru

Layar jenis LCD yang telah ditingkatkan mempunyai berbagai nama dengan sebutan diantaranya adalah IPS, PLS, Retina Display.

Sedangkan layar jenis LED yang telah dikembangkan mempunyai berbagai macam istilah seperti AMOLED, OLED, P-OLED, Super Retina Display.

✅ Kelebihan LCD IPS

Layar LCD IPS

Putih terang

Lampu latar LED memproduksi banyak cahaya melalui piksel agar lebih mudah dibaca dalam cahaya terang

Warna yang Dihasilkan Seperti Aslinya

Dapat bervariasi dari tergantung jenis, namun dalam beberapa kasus, layar LCD memiliki warna yang lebih akurat seperti seperti aslinya.

Dapat Diandalkan

Teknologi LCD telah ada sejak lama, dan teknologi ini terus dikembangkan agar semakin sempurna.

Sudut Pandang Luas

Kebanyakan layar LCD ponsel berkualitas tinggi menggunakan teknologi IPS yang dapat menampilkan sudut pandang hingga 178 derajat tanpa pergeseran warna atau distorsi warna.

Murah

Teknologi LCD pembuatannya menggunakan bahan yang sederhana dan mudah, sehingga dapat di produksi dengan biaya yang sangat efektif.

❎ Kekurangan LCD IPS

LCD Tidak Menampilkan Hitam Pekat

Kehadiran lampu latar yang selalu menyala untuk menerangi seluruh layarnya tidak akan bisa menjadi gelap seperti layar AMOLED.

LCD tidak dapat dibuat fleksibel

Karena terbuat menggunakan bahan yang tebal, jenis LCD ini tidak bisa dibuat desain melengkung.

Ketebalan

Karena LCD juga memerlukan lampu latar di belakangnya, layar akan selalu mengambil lebih banyak tempat, sehingga ponsel menjadi lebih tebal.

Baca juga:  10 Set Top Box Murah, Pengganti Antena TV Analog Ke Digital

✅ Kelebihan AMOLED

galaxy z flip4

Memiliki warna yang paling jelas

Layar AMOLED dapat menghasilkan warna dengan rasio kontras yang luar biasa (jarak warna dari paling gelap ke paling terang).

Hitamnya Seperti Asli

Karena tidak diperlukan perakitan lampu latar, layar dapat mematikan piksel yang akan menampilkan warna hitam dari suatu gambar.

Hemat Energi

Karena layar dapat menyalakan piksel satu per satu dan juga membiarkan beberapa piksel mati, layar dapat mencapai tingkat efisiensi daya yang lebih baik, sehingga dapat menghemat daya .

Fleksibel, Dapat Dilengkungkan

Layar AMOLED yang hadir di Samsung Galaxy flagship kebanyakan menggunakan layar melengkung, dan hampir semua ponsel flagship lainnya menggunakan layar AMOLED melengkung.

❎ Kekurangan AMOLED

Biaya

Saat ini, biaya servis untuk layar AMOLED adalah dua kali lipat dari LCD (dalam beberapa kasus bahkan bisa lebih). Ini terkait dengan biaya produksi yang lebih tinggi, dan fakta bahwa teknologinya lebih muda.

Kurang Tahan Lama

Jika satu piksel rusak, dapat menyebabkan seluruh layar berhenti beroperasi. Dalam banyak kasus, layar AMOLED akan retak atau pecah sebelum kaca di atasnya pecah.

Burn in

Ini adalah masalah yang ada di Televisi Plasma lama. Seiring waktu, piksel bisa “macet” menampilkan gambar atau warna tertentu, yang berarti seiring waktu seiring bertambahnya usia layar, sehingga dapat menampilkan bayangan atau shadow.

Cara untuk mengurangi masalah ini adalah jangan membiarkan tampilan tidak berubah dalam waktu yang lama.

Artikel Terkait