4 Penyebab Baru Isi Ulang Pulsa Langsung Terpotong

Beberapa pengguna Telkomsel mengeluhkan pulsanya yang baru saja di isi tiba-tiba hilang dengan nominal yang bervariasi. Ada yang menyebut kehilangan pulsa senilai 3 ribu, 5, ribu, 7 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Pulsa yang baru di isi langsung terpotong otomatis ini tentu sangat menjengkelkan, sebab pengguna yang sudah menyiapkan pulsanya untuk membeli paket internet malah jadi berkurang.

Adapun pengguna yang mengira kalau pulsa yang terpotong sendiri dikarenakan biaya pajak dari tempat membeli pulsa, seperti Tokopedia, Shopee, Gojek dan lainnya.

Lalu, apa penyebab pulsa Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren yang tiba-tiba hilang, apakah terkena biaya transaksi?

Baca Juga: Cara Aktifkan VoLTE Telkomsel Tanpa Ganti kartu

 

Penyebab Pulsa Hilang Tiba-tiba

Pulsa pelanggan Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren yang langsung terpotong saat setelah melakukan isi ulang diketahui ada beberapa penyebabnya, antara lain sebagai berikut.

 

Terdaftar SMS Premium

Pertama, pengguna secara tidak sadar terdaftar mengikuti layanan SMS premium. Layanan ini bisa aktif saat sedang berselancar di internet, kemudian muncul sebuah iklan pop up yang langsung mendaftarkan nomor pengguna.

Biasanya ini terjadi pada provider Smartfren, tidak ada konfirmasi persetujuan dari pengguna.

 

Terdaftar Paket Darurat

paket pinjam telkomsel

Kedua, pengguna secara tidak sadar mendaftarkan nomor teleponnya ke paket darurat bayar nanti atau paket hutang, biasanya terjadi di Telkomsel.

Ketika pengguna beraktivitas di media sosial seperti Facebook dan meng-klik link yang mengarah ke situs luar, Telkomsel akan menawarkan opsi pinjam sebagai pilihan utama.

Jika pengguna terburu-buru dan tidak sadar bisa saja mengaktifkan paket darurat tersebut, meskipun paket internet yang dimiliki masih ada banyak.

free Facebook pulsa

Terdaftar Pulsa Pinjam

Banyak operator seluler yang mulai menggunakan fitur pulsa pinjam atau paylater, mulai dari Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Tri, Smartfren.

Saat pulsa pengguna habis, operator seluler akan mengirimkan pesan SMS maupun pesan pop up yang menawarkan opsi pinjaman.

Adapun pulsa dan paket darurat ini tersedia mulai 3.000, 5.000, 7.000 hingga 10.000. Pengguna bisa memilih opsi pinjaman pulsa yang ditawarkan sesuai dari ketentuan masing-masing provider. Namun, hanya pelanggan lama yang biasanya mendapat penawaran ini.

 

Lupa Mematikan Data Internet

Beberapa provider akan menyedot pulsa pengguna apabila tidak memiliki kuota internet, biasanya ini terjadi pada operator Smartfren dan Telkomsel.

Cara mengatasinya, sebelum beli pulsa nonaktifkan dulu data internetnya, beli paket menggunakan dial number seperti *363# (Simpati) dan *123# (Smartfren).

Demikian informasi seputar pulsa berkurang sendiri secara misterius, semoga membantu.

Leave a Comment