Ini Cara Menaruh Posisi HP Yang Benar, Bisa Menghemat Baterai

letak hp

Apakah kamu salah satu orang yang meletakkan sebuah ponsel diatas bidang datar seperti meja, dengan posisi layar menghadap ke atas? Sebaiknya ubah kebiasaan ini agar dapat menghemat baterai.

Perlu diketahui, dalam meletakkan smartphone setidaknya terdapat dua kebiasaan yang sering dijumpai, yakni meletakkan ponselnya dengan layar menghadap atas dan menghadap bawah.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Aplikasi Edit Video Terbaik Android dan Iphone Gratis 2022

 

Alasan Meletakkan Kebawah

Beberapa orang dengan kebiasaan meletakkan ponsel dengan layar menghadap bawah, biasanya dilakukan dengan tujuan untuk melindungi bagian kamera belakang yang menonjol agar tidak cepat tergores maupun mengelupas.

Bezel kamera belakang pada smartphone keluaran terbaru umumnya memiliki desain yang tidak rata dengan body HP alias agak menonjol.

Oleh karena itu bezel kamera belakang akan sering bergesekan dengan benda kasar hingga membuat cepat tergores. Gesekan itulah yang ingin dihindari oleh para pengguna, sehingga memilih untuk meletakkan ponsel miliknya di atas meja dengan posisi layar dibawah atau terbalik.

Meletakkan ponsel dengan layar terbalik juga berfungsi untuk melindungi kaca pada lensa kamera belakang, agar tidak cepat tergores akibat bergesekan dengan permukaan kasar seperti meja.

Dua alasan tersebut tidak menutup kemungkinan adanya pertimbangan-pertimbangan lain yang mendorong kebiasaan pengguna untuk meletakkan ponselnya dengan gaya tertentu. Tiap pengguna sangat mungkin punya caranya sendiri dalam meletakkan ponsel yang berbeda.

Baca Juga: 10 Game Simulator Yang Kocak Gaming Terbaik. Wajib Coba

 

Saran Posisi Meletakkan HP

Menurut perusahaan gadget terbesar, yakni Apple, tidak memiliki saran khusus pada pengguna tentang cara meletakkan posisi HP yang benar. Pengguna hanya diberi peringatan untuk menjauhi ponselnya dari beberapa tindakan yang berbahaya. Seperti menjatuhkan, membakar, merendam di air, atau menusuk ponsel. Tindakan seperti itu bisa merusak komponen pada ponsel.

Kemudian, Apple juga menyarankan untuk menggunakan case bila pengguna bila khawatir iPhone miliknya tergores.

Dari peringatan tersebut, berarti meletakkan smartphone dengan cara apa pun diperbolehkan, termasuk meletakkan dengan layar menghadap ke atas maupun bawah.

Namun meletakkan ponsel dengan posisi layar terbalik tidak diperlukan bila ponsel sudah dipasang casing yang layak. Saat ini kebanyakan case ponsel biasanya sudah terdapat bantalan karet untuk melindungi bezel kamera belakang yang menonjol.

Dengan desain casing yang seperti itu, idealnya bisa mengurangi kekhawatiran pengguna akan goresan yang dapat terjadi di bagian kamera belakang.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Smartphone Mantan Flagship Masih Layak Dibeli 2022

 

Bisa Menghemat Baterai

Selain dua alasan diatas, khusus pengguna iPhone bisa menghemat baterai pada ponselnya. Sebab, mulai dari iOS 9 dan seterusnya, iPhone memiliki fitur Facedown Detection.

Dengan adanya fitur tersebut, layar iPhone akan dimatikan saat diletakkan dengan posisi menghadap bawah dan sedang tidak digunakan. Sekalipun ada notifikasi yang masuk, layar iPhone tidak akan menyala ketika layarnya diletakkan dengan posisi menghadap bawah.

Fitur Facedown Detection bekerja dengan memanfaatkan perangkat sensor Ambient Light dan Proximity, yang terletak di bagian notch layar iPhone. Kedua sensor itu berfungsi untuk menghidupkan layar iPhone berdasar kondisi cahaya dan jarak benda.

Saat kedua sensor ini tertutup oleh benda atau permukaan tertentu, layar iPhone akan menjadi mati. Meskipun ada notifikasi masuk bila kedua sensor itu tertutup maka layar iPhone tetap tidak akan nyala.

Perlu diketahui, notifikasi masuk pada iPhone biasanya ditandai dengan suara berdering, getaran dan layar yang menyala otomatis. Fungsi dari Facedown Detection untuk mencegah layar iPhone menyala ketika sedang tidak digunakan, namun suara dan getaran tetap ada.

Dengan meletakkan iPhone menghadap bawah di atas meja, berarti dua sensor tersebut tertutup dan notifikasi yang masuk tidak bakal bisa menghidupkan layarnya. Jika layar iPhone berada dalam kondisi mati maka bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Oleh karena itu, meletakkan iPhone dengan posisi layar menghadap bawah sangat disarankan, khususnya jika sering mendapat notifikasi yang masuk dan kondisi baterai tersisa sedikit.

Demikian penjelasan seputar alasan meletakkan ponsel Android dan iPhone dengan posisi layar menghadap bawah, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.