10 Solusi Untuk Layar HP Tidak Bisa Disentuh

layar sentuh error

Layar smartphone yang tidak dapat disentuh atau eror bukan berarti LCDnya sudah rusak, ketahui cara mengatasinya di artikel ini.

Eror pada layar smartphone seperti tidak bisa disentuh, tentu membuat pengoperasian ponsel Android terganggu. Hal tersebut membuat pengguna tidak dapat membuka aplikasi apapun di ponselnya.

Bacaan Lainnya

Layar sentuh yang macet memang bisa saja terjadi, ada berbagai faktor yang menyebabkan touchscreen tidak bisa disentuh seperti biasanya. Misalnya, ada eror pada aplikasi, RAM penuh, tidak sengaja terjatuh hingga tercebur ke dalam air.

Baca Juga: Ini Cara Menaruh Posisi HP Yang Benar, Bisa Menghemat Baterai

 

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh

Untuk mengatasi layar LCD HP yang tidak bisa disentuh, ada beberapa cara yang dapat dicoba sebelum kamu membawanya ke tukang servis dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini.

 

Restart smartphone

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan HP lalu menyalakan lagi (restart), hal ini agar eror yang terjadi pada sistem dapat ditutup secara paksa.

Kebanyakan HP sekarang menggunakan baterai tanam yang sulit dibongkar, kamu dapat melakukan restart secara paksa. Cara restart HP pada umumnya sama untuk beberapa merek, seperti berikut.

  • Tekan dan tahan terus tombol power yang agak lama, sekitar 1 menit.
  • Otomatis ponsel akan melakukan restart.
  • Tunggu hingga smartphone dimuat ulang.

Sekarang coba sentuh layarnya, apakah sudah normal.

 

Bersihkan layar

Touchscreen pada smartphone sangat sensitif terhadap air, bila dibagian pojok atau samping layar terdapat tetesan air dapat mengakibatkan layar ponsel tidak bisa dioperasikan.

Untuk mengatasinya, bersihkan bagian layar dengan kain atau tisu kering yang bersih secara merata, pastikan seluruh layar tidak ada tetesan air.

 

Keringkan jari tangan

Layar sentuh kapasitif pada smartphone sangat sensitif dengan adanya rangsangan listrik. Sentuhan jari pada layar akan seketika mengubah dielektrik kapasitor dan menghasilkan perubahan kapasitansi. Apabila jari tangan kamu sedang basah, hal ini dapat mengganggu sensor layar sentuh.

Sama selerti cara diatas, namun kali ini yang dibersihkan bukan bagian layar, melainkan jari tangan kamu ya. Bersihkan dengan lap kering atau handuk sebelum menggunakan ponsel.

 

Safe mode

Bisa jadi layar HP hanya kadang-kadang saja tidak bisa disentuh secara normal. Bila mengalami hal seperti itu, kamu bisa melakukan restart dengan masuk ke Safe Mode.

Sama seperti di PC, smartphone Android juga memiliki fitur Safe Mode yang memungkinkan perangkat berjalan dengan sistem bawaan saja. Aplikasi yang diinstal oleh pengguna tidak akan dijalankan.

Ini akan mendeteksi apakah aplikasi terakhir yang kamu instal bermasalah atau tidak. Perlu dicatat, ada beberapa ponsel yang tidak memiliki fitur Safe Mode. Cara masuknya seperti berikut.

  • Matikan ponsel dengan menekan tombol power.
  • Tekan secara bersamaan tombol Power dan Volume Bawah.

Nantinya ada menu Safe Mode, tinggal kamu masuk ke menu tersebut.

 

Diagnosis layar

Untuk mengetahui gejala layar smartphone tidak bisa disentuh dibutuhkan bantuan aplikasi. Salah satunya adalah Display Tester, aplikasi ini bakal mendiagnosis tingkat reponsif layar smartphone secara manual.

Aplikasi Display Tester tersedia di Google Play Store dan bisa diinstal dengan mengikuti langkah berikut:

Cari aplikasi Display Tester di Google Play Store atau klik link ini.

  • Setelah aplikasi terpasang di perangkat.
  • Buka aplikasi Display Tester.
  • Di halaman utama aplikasi, pilih “Tests” > “Touchscreen Test“.
  • Kamu bisa menyentuh seluruh bagian layar smartphone secara penuh.

Apabila angka indikator tidak mencapai angka 100 persen, ada kemungkinan layar smartphone kamu mengalami kerusakan.

 

Lepas antigores

Anti gores atau tempered glass (TG) umumnya digunakan untuk melindungi layar smartphone dari gesekan benda agar terhindar dari goresan.

Dalam beberapa kasus, lapisan anti-gores dan screen protector yang terlalu tebal dapat mengurangi atau bahkan menghalangi respon sentuhan jari sehingga sulit ditangkap sensor layar. Jika merasa layar smartphone bermasalah, bisa dicoba untuk melepas lapisan antigores.

 

Keringkan smartphone

Apabila ponsel pernah terendam air, segera keringkan ponsel menggunakan handuk atau kain kering yang bersih. Kemudian, taruh smartphone ke dalam mangkuk berisi beras atau silica gel dalam kemasan yang memiliki sifat menyerap air.

Cara ini bisa sedikit membantu, tapi mungkin tidak sepenuhnya berhasil. Sebab, beras tidak mampu menyerap air yang bersembunyi di bagian dalam ponsel.

 

Gunakan asisten virtual

Jika tidak sempat melakukan perbaikan, kamu masih bisa mengoperasikan ponsel pakai perintah suara. Setiap vendor ponsel, biasanya memiliki fitur asisten virtual pada ponselnya.

Selain menggunakan asisten virtual dari bawaan HP, pengguna Android juga bisa memanfaatkan asisten virtual dari Google, yaitu Google Assistant.

Baca Juga: Merubah Fungsi Tombol Bixby Jadi Screenshot Di HP Samsung

 

Gunakan keyboard dan mouse

Selain menggunakan asisten virtual, kamu juga bisa menggunakan alat tambahan seperti mouse dan keyboard untuk mengoperasikan ponsel. Kamu bisa mencoba memanfaatkan keyboard bluetooth untuk mengetik di smartphone dan mouse untuk menggeser layar.

 

Kunjungi pusat servis

Apabila semua cara diatas tidak ada yang bisa, bisa jadi memang layar sentuh HP kamu sudah rusak. Hal ini disebabkan karena smartphone pernah terjatuh atau tertindih yang mengakibatkan hardwarenya rusak.

Baca Juga: Cara Membuat Jadwal Servis HP Samsung, Bebas Antri

Untuk itu perlu melakukan pergantian LCD dengan mengunjungi toko servis HP, disarankan langsung ke service center resmi agar dapat suku cadang yang asli.

Petugas servis yang profesional di service center resmi, dapat membantu menemukan masalah dan memperbaiki kerusakan layar HP kamu.

Cek harga:

Daftar Harga LCD Baterai ORIGINAL HP Oppo A Semua Seri

Daftar Harga Sparepart LCD Baterai Samsung Galaxy A

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.