7 Tips Memilih STB TV Digital Sebelum Membeli

tips memilih stb

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan akan mulai menghentikan siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap, untuk itu masyarakat perlu bermigrasi ke siaran televisi digital untuk tetap dapat menikmati siaran TV.

Migrasi siaran dari TV analog ke digital akan dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada 30 April, tahap kedua pada 25 Agustus dan terakhir pada 2 November 2022.

Setelah itu, masyarakat tidak akan bisa lagi menyaksikan siaran TV analog. Sebagai gantinya, masyarakat bisa menikmati siaran televisi digital yang menawarkan visual lebih jernih dengan menggunakan STB.

STB (Set top Box) sendiri merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog.

Saat ini ada banyak jenis Set Top Box yang dijual di pasaran. Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengetahui tips memilih STB yang dapat menerima siaran TV Digital di Indonesia.

Baca Juga: 12 STB Murah Dibawah 500 Ribuan, Gak Sampai 1 Juta

 

Tips Memilih Set Top Box TV

Berikut ada tujuh tips memilih STB TV digital yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

 

1. Perhatikan nama barang

Set Top Box yang dijual di pasaran terdapat berbagai macam dan modelnya, perlu diperhatikan dalam memilih STB, sebab ada TV box Android yang memiliki bentuk dan harga yang hampir sama.

Perbedaannya adalah STB TV digital tidak membutuhkan koneksi internet untuk menonton siaran TV, sedangkan TV box Android membutuhkan koneksi internet untuk menonton TV.

 

2. Berbentuk kotak, bukan antena

Antena TV digital dijual dengan harga yang setara dengan perangkat STB TV, maka jangan keliru saat hendak membeli.

Antena TV digital hanya bisa didukung oleh perangkat televisi digital, meskipun bisa dipasang ke TV analog, namun tidak bisa mengubah siaran TV analog menjadi digital. Pastikan yang dibeli adalah STB TV digital yang memiliki remote.

 

3. Survei Harga

Jika sudah tahu STB apa yang mau di beli dan apa merek serta tipenya, maka sebelum membeli, cari tau dulu harga pasarannya saat ini agar tidak membayar mahal barang yang dibeli. Harga STB baru yang dijual berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu untuk versi standar.

Cari tau harga-harganya secara online dengan membuka situs-situs e-commerce yang menjual Set Top Box. Selain bisa membandingkan harga STB yang ingin dibeli, bisa juga sekalian melihat review dan spesifikasi STB yang diincar.

 

4. Pilih yang bertanda khusus

Saat memilih STB TV digital cobalah perhatikan label bertanda khusus yang tertera pada produk STB. Set Top Box yang direkomendasikan adalah yang memiliki label dengan tulisan DVB-T2 yang tertera di kemasan perangkat.

Disarankan untuk membeli STB yang sudah disertai dengan label “Siap Digital” atau yang ada gambar ikon “MODI”, yakni maskot siaran TV digital di Indonesia. Gambar maskot MODI yang dimaksud adalah seperti ini.

maskot modi

 

5. Cek ulasan produk

Tips memilih STB berikutnya adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi seputar tipe STB yang ingin membeli. Seperti spesifikasi, harga, fungsi, dan sebagainya.

Jadinya bisa memahami dan membandingkan setiap kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh setiap STB. Salah satu cara mencari tahu informasi tersebut adalah dengan menonton review di YouTube atau membaca ulasan dari pembeli sebelumnya di toko online.

 

6. Pilih sesuai kebutuhan

STB dengan harga yang lebih mahal tentu memiliki lebih banyak fitur dari STB lainnya, namun jika tidak membutuhkan banyak fitur lebih baik cari yang standar saja sesuai kebutuhan.

Perbedaan harga dan merek pada setiap perangkat Set Top Box juga dapat memengaruhi performa serta layanan yang ditawarkan oleh STB.

 

7. Punya sertifikat resmi

Tips terakhir dalam memilih STB TV digital adalah membeli STB yang sudah mengantongi sertifikasi dari Kominfo. Kominfo bersama Kemeterian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan sertifikasi terhadap beberapa STB yang diperdagangkan di Indonesia.

Saat ini setidaknya ada 70 tipe STB yang sudah memiliki sertifikat dari Kominfo. Informasi untuk mengecek sertifikasi Set Top Box dapat dilihat melalui link ini Daftar STB TV Digital Terverifikasi

Leave a Comment