Cara Memindahkan File Tanpa Aplikasi Di Android

transfer file android

Transfer file ke sesama pengguna Android kini tidak perlu repot menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi seperti share it, share me, wetransfer, xender maupun aplikasi transfer file lainnya.

Pasalnya, OS Android sudah menyediakan fitur transfer file sejak awal digunakan. Namun hanya tersedia bagi OS Android mulai dari 6.0 Marsmallow keatas.

Namanya adalah Nearby Share atau Berbagi Langsung. Fitur ini memberi pengalaman dan cara baru dalam berbagi file dengan orang-orang terdekat. Kamu bisa menemukannya di sistem panel notifikasi Android.

Baca Juga: Download 1000+ Font Pack Google Gratis

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengirim dan menerima berbagai file, baik itu aplikasi game, musik, foto WhatsApp maupun video favorit.

 

Cara Transfer Menggunakan Berbagi Langsung

Cara pakainya cukup mudah, untuk mengirim file ikuti langkah dibawah ini.

  • Temukan fitur Berbagi Langsung atau Nearby Share, namanya berbeda untuk setiap brand smartphone.
  • Aktifkan WiFi, Bluetooth, Lokasi

Berbagi Langsung

  • Atau langsung dari file manager
  • Cari file yang ingin dikirim, pilih kirim / bagikan

Pilih Bagikan

  • Cari fitur Berbagi Langsung

Berbagi Langsung

  • Untuk penerima juga harus mengaktifkan fitur Berbagi Langsung serta mengaktifkan WiFi, Bluetooth, Lokasi agar bisa terlihat.

Mencari

Kalau sudah terlihat nama penerima, tinggal namanya dan proses transfer file akan dimulai.

 

Cara Kerja Berbagi Langsung

Fitur Berbagi Langsung bekerja dengan memanfaatkan koneksi WiFi, dan tidak memerlukan koneksi internet. Yang berarti dapat menghemat kuota Internet kamu dan tidak perlu menggunakan USB atau koneksi Bluetooth untuk berbagi file antar perangkat.

Selain itu, dapat juga mengirimkan file dengan berbagai ukuran atau jenis apapun. Cukup membantu saat mengirimkan file yang ukurannya lumayan besar dengan cepat tanpa mengurangi kualitas dari file tersebut.

Bahkan mampu mengirimkan file lebih cepat dari Bluetooth dan bisa mencapai kecepatan pengiriman hingga 10 MB per detik tergantung dari perangkat yang digunakan.

Karena ini adalah fitur dari Android, kamu tidak bisa melakukan transfer file pada perangkat sistem operasi yang berbeda seperti Windows maupun iOS.

Kalau ingin melakukan transfer file ke Windows atau iOS, barulah kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti shareit yang sudah populer sejak jaman android lolipop.

Leave a Comment